Aksi Peduli Lingkungan " Kader Adiwiyata SD Negeri Gabus 1 Membagikan Tas Guna Ulang bagi Pengunjung Pasar Made"

Kader Adiwiyata SD Negeri Gabus 1 membagikan tas guna ulang bagi pengunjung Pasar Made demi mengurangi penggunaan plastik

Kader Adiwiyata SD Negeri Gabus 1 membagikan tas guna ulang bagi pengunjung Pasar Made demi mengurangi penggunaan plastik

Plastik memang produk serbaguna, praktis, kuat, dan relatif murah. Namun demikian, karakter plastik dan ditambah dengan cara penggunaan yang tidak ramah lingkungan justru menjadi permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Plastik seperti kita ketahui dapat menyebabkan pencemaran air, tanah, dan air tanah yang pada akhirnya menjadi pemicu turunnya kualitas lingkungan dan kehidupan makhluk hidup lainnya.

            Seperti halnya masyarakat sekitar SD Negeri Gabus 1 yang masih menggunakan kantong plastik untuk berbelanja di pasar Made. Kami selaku SD Adiwiyata kabupaten, sekaligus salah satu agen perubahan melakukan aksi aksi lingkungan demi mengurangi produksi sampah terlebih sampah plastik.

             Salah satu aksi nyata yang telah kami lakukan yaitu mengajak Kader Adiwiyata SD Negeri Gabus 1 untuk terjun ke Pasar Made untuk memberikan sosialisasi terkait sampah plastik. Selain daripada itu, Kader Adiwiyata membagikan tas guna ulang bagi pengunjung Pasar Made. Harapan kami dengan membagikan tas guna ulang tersebut masyarakat semakin menaruh atensi lebih terkait bahaya kantong plastik bagi lingkungan.